Waspadai Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Waspadai Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Tubuh Anda – Lingkar pinggang yang makin bertambah dan perut mulai membuncit hendaknya harus di waspadai. Beberapa gangguan kesehatan terkait dengan obesitas atau kelebihan berat badan memang sudah banyak yang tahu. Namun tidak banyak orang tahu bahwa kondisi perut buncit juga bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan. Kelebihan lemak di bagian perut juga akan meningkatkan beberapa penyakit. Bahkan jika Anda merasa punya berat badan ideal, namun ada kelebihan lemak di bagian perutnya, juga bisa jadi pemicu mengalam beberapa masalah kesehatan.

Bahaya Perut Buncit

Dibawah ini ada beberapa bahaya perut buncit bagi kesehatan yang perlu di waspadai. Berhati hatilah jika lingkar perut Anda mulai bertambah karena akan memicu beberapa masalah kesehatan seperti di bawah ini :

1. Penurunan fungsi paru-paru

Para tim peneliti yang berasal dari Finlandia menemukan bahwa perut yang terlalu besar akan berdampak pada penurunan fungsi paru-paru. Dibandingkan dengan pria yang tidak berperut buncit, pria yang menyimpan kelebihan lemak di perut diketahui memiliki nilai buruk ketika di lakukan tes pernapasan. Kalau ini dibiarkan, maka penurunan fungsi paru-paru akan menyebabkan sempitnya jalan napas dan menimbulkan penyakit paru kronis atau asma.

2. Kerusakan pembuluh arteri

Berdasarkan satu penelitian telah di temukan adanya kaitan antara kelebihan lemak di bagian perut dengan kekakuan arteri. Peneliti telah mengamati dua orang dengan obesitas bagian perut dan obesitas secara umum. Para peneliti menemukan bahwa setiap ada peningkatan 0,1 rasio lemak di bagian pinggang dapat meningkatkan risiko kerusakan arteri. Jika dibiarkan maka bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung dan stroke.

3. Merusak sistem metabolisme

Adanya penumpukan lemak di bagian perut akan membuat tubuh memproduksi hormon yang menghambat sistem metabolisme. Hal ini bisa mengubah reseptor insulin dalam tubuh, sehingga tubuh mulai kesulitan mengatur tingkat gula darah. Tentu saja hal ini pada akhirnya akan menyebabkan diabetes pada seseorang.

4. Penyakit demensia dan Alzheimer

Penelitian yang di lakukan tahun 2010 telah menemukan bahwa jumlah lemak di perut berkaitan dengan penurunan volume otak. Penurunan volume otak pada akhirnya akan menyebabkan penyakit otak seperti demensia atau Alzheimer.

5. Kolesterol tinggi

Lemak yang ada di bagian perut bisa berubah menjadi asam lemak pada tubuh dan ini bisa menyebabkan munculnya LDL atau kolesterol buruk dan triglycerides. Asam lemak bebas juga menyebabkan menurunnya tingkat kolesterol baik dalam tubuh. bersamaan dengan obesitas di bagian perut dan kerusakan arteri, kolesterol buruk ini bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau stroke.

Itulah beberapa bahaya bagi kesehatan yang di picu oleh kelebihan lemak di perut. Mulai waspadai jika perut Anda mulai bunciit agar tidak mengalami beberapa penyakit yang di sebabkan karena perut buncit.

web site hit counter © MurahLaris.Com .